Hari gini masih bangga pakai plat nomor warna putih…..??

Saya sekarang akan memberi sedikit kutipan tentang plat nomor kendaraa  bermotor berwarna putih

surat tanda coba kendaraan bermotor (STCK) dan tanda coba nomor kendaraan bermotor (TCKB)

image

STCK adalah bukti registrasi dan identifikasi sementara yg berfungsi sebagai kelengkapan kendaraan bermotor ketika bergerak dijalan, berisikan identitas badan usaha di bidang penjualan, pembuatan, perakitan, atau import kendaraan bermotor dan identitas kendaraan kendaraan bermotor, nomor registrasi dan masa berlaku.

TCKB adalah tanda nomor kendaraan bermotor yg bersifat SEMENTARA, berbentuk plat yg dipasang pd kendaraan bermotor, berfungsi sebagai bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor sementara berisikan no registrasi yg diterbitkan olek KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA dgn spesifikasi teknis tertentu.
Untuk keperluan tertentu, kendaraan bermotor yg belum pernah diregistrasi dapat dioperasikan di jalan, diberikan STCK dan TCKB.

Yg dimaksud dgn keperluan tertentu meliputi:
◦ Memindahkan kendaraan dari tempat penjual, distributor, atau pabrik ke tempat tertentu untuk mengganti/melengkapi komponen penting dari kendaraan yang bersangkutan atau ke tempat registrasi kendaraan bermotor.
◦ Memindahkan dari suatu tempat penyimpanan di suatu pabrik ke tempat penyimpanan di pabrik lainnya.
◦ Mencoba kendaraan baru sebelum kendaraan tsb dijual.
◦ Mencoba kendaraan bermotor yg sedang dalam taraf penelitian.
◦ Memindakan kendaraan bermotor dari penjual ke pembeli.

Jadi kendaraan bermotor yg menggunakan plat no berwarna putih hanya diperuntukkan dr dealer ke pembeli atau sesuai point diatas. Bukan digunakan seterusnya sampai keluar plat no dr samsat berwarna hitam. Kejadian ini sering terjadi di wilayah Lombok. Dimana pengguna kendaraan bermotor menyalahgunakan plat nomor berwana putih. Yg anggapannya plat no putih bisa di pakai berseliweran di jalan raya ada pula yg sengaja walaupun sudah memiliki STNK/TNKB dr samsat (plat nomor warna hitam) tetapi tetap juga menggunakan TCKB (plat nomor warna putih), mungkin agar selalu terlihat bahwa kendaraan bermotornya baru ya walaupun mungkin sudah 6 bulan keluar dari dealer.
Untungnya Direktorat Lalu Lintas Polda NTB sudah melaksanakan penegakan hkm terhadap pengguna kendaraan bermotor yg masih menggunakan plat nomor putih. Dan mewanti-wanti para dealer untuk tidak lagi mengeluarkan plat nomor putih kecuali diperuntukkan sesuai poin diatas.

Marilah kita menjadi pengguna jalan yg cerdas dan selalu mengutakaman keselamatan dalam berlalu lintas.
Jadilah PELOPOR KESELAMATAN berlalulintas dan BUDAYAKAN KESELAMATAN SEBAGAI KEBUTUHAN

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s